Thursday, June 5, 2014

Menghindari Penipuan Lowongan Kerja

Di jaman modern ini, perekonomian negara semakin tumbuh tapi tidak dengan pertumbuhan ekonomi di kalangan masyarakat bawah, oleh karena itu banyak orang-orang mulai nekad dengan banyak cara agar bisa bertahan di kehidupan modern ini, nah.. bagi para pelamar kerja khususnya fresh graduated (lulusan baru) yang sedang semangat-semangatnya ingin berkarir mesti berhati-hati dengan penipuan-penipuan bermodus lowongan pekerjaan, disini saya akan berbagi bagaimana cara agar bisa terhindar dari penipuan ini di bawah ini


1. Jangan tergiur pekerjaan yang Mudah dengan gajih yang besar
Yang pertama adalah jangan tergiur oleh pekerjaanya yang terlihat gampang dan gajih yang lumayan,  perlu kita ketahui di jaman sekarang ini perusahaan-perusahaan sangat kompetitif dalam menjalankan usahanya, untuk itu kita harus berani bekerja keras, jangan menginginkan pekerjaan yang mudah dengan gajih yang besar saja.

2. Jenis pekerjaan
Biasanya pekerjaan yang ditawarkan dalam modus ini adalah sebagai Staff admin, dengan tugas-tugas yang terlihat mudah dan pasti dapat kita jalani.

3. Persyaratan Semuan pendidikan
Jangan langsung tergiur juga dengan persyaratan pendidikan yang mudah, biasanya modus ini mecantumkan semua jenjang pendidikan dari  SMP, SMA, D3, S1, yang rasanya tidak mungkin ada perusahaan yang mau merekrut tenaga kerja dari banyak jenjang pedidikan dalam posisi yang sama.

4. Hindari Permbayaran uang
Kita melamar kerja tentu untuk mencari uang bukan mengeluarkan uang, jangan pernah mau memberi sejumlah uang berapapun pada saat wawancara kerja, biasannya si pewawancara akan mengeluakan kata-kata seperti "hipnotis" yang sangat dapat mempengaruhi pikiran anda, jadi selalu hati-hati lah ketika ada permintaan sejumlah pembayaran uang berapapun.

5. Cari di sumber-sumber yang terpercaya
 Di Internet banyak sekali modus seprti ini, Lowongan kerja yang palsu biasanya di iklankan di situs-situs garatisan seperti di OLX.com, Berniaga.com dll, carilah pada sumber-sumber yang terpercaya seperti di Jobstreet.com yang mana perusahaan yang harus membayar untuk mencantumkan iklan lowongannya.

6.Berdo'a, Berusaha dan Berkelakuan Baik
Percayalah Allah akan memberikan jalan kesuksesan bagi hambanya yang tidak pernah  putus asa, dan jangan mencari jalan pintas seperti monyogok pekerjaan, yang hukumnya adalah haram, Percayalah dengan kemampuan kita sendiri karena sukses dengan hasil kerja keraas sendiri adalah kebanggaan yang besar.

No comments:

Post a Comment