Friday, June 6, 2014

Membuat Proposal Kegiatan

Dalam sebuah kegiatan di butuhkan yang namanya proposal, proposal sendiri berfungsi sebagai bukti perencanaan sebuah acara atau kegiatan, fungsi lain dari proposal adalah untuk mengumpulkan dana atau partisipasi untuk menjalakan sebuah acara atau kegiatan kepada pihak yang bersangkutan.
Dan kali ini saya akan menjelaskan beberapa hal atau poin-poin untuk membuat propsal kegiatan, disini bukan contoh proposal, tapi penjelasan poin-poin dalam proposal agar bagaimana anda bisa mengembangkan isi proposal dengan gagasan anda sendiri, bukan hanya copy-paste tulisan ide orang lain.
Berikut adalah penjelasan poin-poin penting dalam pembutan Proposa Kegiatan

1. Pendahulun
   Di nomor ini penulis dapat berterima kasih atas selesainya proposal yang telah dibuat baik itu kepada Tuhan YME, guru, teman atau siapa saja yang ikut serta dalam pembuatan proposal menjelaskan proses pembuatan proposal itu sendiri secara garis besar.

2. Latar belakang
  Penulis menjelaskan latar belakang atau sebab dan alasannya pembuatan kegiatan dalam proposal tersebut.

3. Tujuan
   Menjelaskan tujuan dari kegiatan dalam proposal untuk apa, gunakan poin-poin penting secara garis besar saja misal untuk menyambung silatuhrami antar anggota osis.

4. Dasar Kegiatan
  Menyebutkan hal-hal yang mendukung, menyuruh atau memperbolehkan kegiatan tersebut di lakukan seperti, UU No. sekian Pasal.sekian Tahun sekian yang  menjelaskan tentang demikian.

5. Waktu dan tempat
Menuliskan hari,tanggal,tahun, jam dan tempat kegiatan tersebut akan di laksanakan

6. Peserta Kegiatan
Menuliskan dalam satu atau beberapa kelompok besar, seperti seluruh siswa/siswi SMK PGRI

7. Biaya/Estimasi Dana
Menjelskan rincian dan kegiatan yaitu dana pemsukan dituliskn dari mana saja dana tersebut di dapatkan dan pengeluaran, untuk apa saja dana itu di gunakan.

8. Kepanitiaan
Tuliskan Jabatan dengan nama panitia secara runtun kebawah dari mulai penanggung jawab, penasehat, ketua, wakil ketua dan seterusnya

9. Jenis Kegiatan
Tuliskan apa saja yang menjadi kegiatan dalam acara tersebut, misalkan lomba balap karung, lomba makan kerupuk dsb.

10. Penutup
Tuliskan permohonan maaf dan harapan-harapan agar kegiatan dapat berjalan lancar dan sesuai proposal

11. Lampiran
Bagian ini tidak perlu di tuliskan dalam urutan bab atau nomor, tuliskan dengan hal-hal yang bersifat rinci atau panjang seperti, susunan acara, kepanitiaan atau estimasi dana.


Itu lah beberapa poin yang dapat anda kembagkan sendiri menjadi propsal yang bagus dan lebih kreatif, jika ada kritik dan saran silahkan di komentar saja di bawah.

No comments:

Post a Comment